Kamis, 20 Desember 2012

Yang Harus Anda Miliki Agar Tenang dalam Hidup Tentang Keuangan




Instrument keuangan yg harus dimiliki agar hidup menjdi lebih tenang.

Usia muda ataupun tua tidak menjadi penghalang untuk mempersiapkan masa depan. Langkah ini penting untuk menciptakan kualitas hidup dan kondisi finansial yang aman.
Dalam kajian konvensional, salah satu cara untuk mempersiapkan masa depan adalah menabung. Pepatah rajin menabung adalah sebuah prinsip paling lawas yang selalu diingatkan para orang tua kita sejak kecil.
Namun seiring perkembangan jaman dan beragamnya kebutuhan manusia, maka produk keuangan pun semakin kompleks.
Berikut ini adalah

1. Asuransi jiwa
Asuransi jiwa akan menjaga diri Anda jika sesuatu yang buruk menimpa Anda. Semua manusia, tidak ada yang bisa menduga apa yang akan terjadi di masa depan. Mengantisipasi takdir tersebut, sebaiknya Anda bersiap-siap dengan mengikuti program asuransi jiwa.

Asuransi jenis ini akan sangat membantu Anda dan keluarga, jika satu waktu akan mengalami sesuatu yang buruk, seperti meninggal. Dengan ikut asuransi jiwa, maka tanggungan Anda di dalam keluarga sudah ter-cover. Cara ini dinilai yang terbaik untuk rasa aman secara finansial di masa depan.

2. Asuransi kesehatan
Banyak yang salah persepsi dengan pengertian asuransi kesehatan dan asuransi jiwa. Kebanyakan orang menganggap keduanya adalah sama. Asuransi kesehatan akan sangat membantu Anda meringankan biaya saat Anda berobat ke dokter dan rawat inap di rumah sakit.

Besaran yang ditanggung perusahaan asuransi akan sangat tergantung, nilai premi yang dibayarkan setiap bulannya. Jangan remehkan yang satu ini karena asuransi kesehatan adalah salah satu bentuk terbaik berinvestasi untuk diri sendiri.
3. Asuransi pendidikan
Jika Anda sudah berkeluarga dan memiliki anak, maka asuransi pendidikan wajib Anda pikirkan. Dengan hitungan premi yang detil, Anda sudah selangkah di depan untuk mengamankan masa depan pendidikan putra-putri tercinta.

Asuransi pendidikan ini sangat efektif apabila Anda ingin mereka menikmati pendidikan di luar negeri yang membutuhkan biaya besar.
4. Dana pensiun
Dana pensiun atau lebih dikenal di dunia Barat dengan istilah perencanaan pensiun adalah sebuah sarana bagi Anda yang ingin menikmati hidup lebih tenang di hari tua.

Tidak ada satu pun manusia di dunia ini yang ingin hari tuanya susah dan tidak tenang. Nah, solusi itu semua adalah produk dana pensiun. Dana pensiun biasanya akan dimasukkan dalam kategori reksa dana sebagai sarana investasi Anda dalam hitungan 15 dan 20 tahun.
Tertarik menghabiskan hari tua dengan berkeliling Eropa atau santai di rumah peristirahatan di tempat yang indah? Sekarang saatnya Anda menyiapkan itu.
5. Reksa dana
Reksa dana sangat baik untuk segala umur karena biayanya rendah dan tidak ada persyaratan yang cukup merepotkan. Reksa dana dikelola oleh manajer investasi yang mempunyai keahlian khusus dalam pengelolaan dana.

Salah satu kelebihan reksa dana adalah sistemnya yang sangat transparan bagi Anda yang cenderung mudah khawatir dalam berinvestasi. Setiap bulannya akan ada laporan mengenai pengelolaan dana Anda secara menyeluruh.
Selain itu, reksa dana juga memiliki sifat likuiditas yang tinggi sehingga bisa dicairkan kapan saja anda membutuhkan dengan waktu yang relatif lebih singkat.

Follow Twitter : @TaufanSamudera

Tidak ada komentar:

Posting Komentar