Selasa, 23 Desember 2014

Buruk Sangka atau Waspada ?


Jika kita tidak bertanya, maka jawaban yang akan kita dapat selalu TIDAK

Buruk Sangka atau Waspada ?

Elo tau yang paling gampang bedain antara buruk sangka dan waspada ? 

Iyaaa, dari latar belakangnya. Misal ketika kita ketemu teman sekolah yang udah satu tahun gak ketemu. Dia kebetulan bawa minum terus nawarin kita minum, nah kalo kita nolak dengan alasan takut dia penyakitan atau dia ngeracunin ini namanya buruk sangka, karena dia kan teman kita, sedangkan kalo kita pergi naik bis, disebelah kita ada pria gondrong, tindik dikupingnya, lidahnya kebelah, ada tatonya di kedua lengan, lalu nawarin kita minum dan kita tolak, ini namanya waspada, kan kita gak kenal. 
Contoh lain saat teman kampus kita yang baru dipecat perusahaannya atau ada keluarganya yang sakit, datang ke kita untuk meminjam uang. Dan kita tau bahwa dia di kampus dulu anak yang pintar, selalu jujur, ramah, suka membantu orang lain kalo menolak pinjamaan saat kita ada uang dengan alasan takut ga dibalikin (padahal dia sebelumnya tidak pernah meminjam) maka itu burunk sangka, sedangkan kalo teman kita yang meminjam sebelumnya sudah sering bohong, pemalas, menegur kalo ada maunya doang kalo kita menolak karena takut dia gak balikin itu waspada.

Bukan berarti orang yang sebelumnya baik atau penampilannya bagus tidak bisa menipu ya, atau bukan berarti juga yang sebelumnya suka bohong atau penampilannya urakan semuanya penjahat ya. Ini hanya standar beda buruk sangka dan waspada aja.

Memang sudah wajar pemikiran, perkataan, perbuatan kita semuanya dipengaruhi hal-hal yang kita alami sebelumnya. #Waspada Yes #BurukSangka No
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar